RSS

3.2.a.10. Aksi Nyata - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 Judul Modul : Rancangan Aksi Nyata Mewujudkan Suasana Kelas yang Nyaman dan Menyenangkan

Nama Peserta : Atik Suparyati

Latar Belakang:

Untuk mewujudkan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk kegiatan pembelajaran tentu membutuhkan sentuhan dari penghuni kelas (murid) untuk mengelola lingkungan kelas sebagai aset fisik. Dengan lingkungan kelas yang disesuaikan sesuai dengan keinginan murid tentu akan menjadi pemicu kenyamanan murid selaku penghuninya.

Tujuan:

Menciptakan lingkungan kelas nyaman dan menyenangkan yang mendukung optimalnya proses pembelajaran berpihak pada murid.

Tolak Ukur:

1. Murid mampu menggali hal-hal yang disukai dan tidak dari lingkungan kelasnya

2. Murid mampu mengatur lingkungan kelas menjadi lebih menyenangkan untuk mendukung proses pembelajaran

3. Suasana kelas menjadi lebih nyaman

4. Proses pembelajaran menyenangkan dan berbihak pada murid

Linimasa Tindakan

1. Buat Pertanyaan

Minggu ke- 1

·         Menggali cita-cita dan harapan murid terhadap suasana/lingkungan kelas impian;

·         Melibatkan murid untuk menginventarisasi kekuatan dan potensi yang dimiliki.



2. Ambil Pelajaran

Minggu ke- 2

·  Meminta murid mengidentifikasi hal-hal yang disukai dan tidak disukai dari lingkungan kelasnya;

·   Meminta murid melihat contoh tata ruang kelas yang baik dan nyaman di media internet.

 


3. Gali Mimpi

Minggu ke- 2

·    Menanyakan pendapat kepada setiap murid tentang kondisi kelas yang menyenangkan bagi mereka;

·         Membuat rancangan pengaturan kelas



Jabarkan Rencana

Minggu ke- 3

·         Membuat capaian target yang realistis untuk setiap murid

·         Meminta murid merencanakan jadwal pengaturan ruang kelas

·         Membagi tugas murid dalam pengaturan lingkungan kelas.



5. Atur Eksekusi

Minggu ke- 4

·         Menyusun tim kerja

·         Menyepakati tenggang penyelesaian pekerjaan masing-masing tim



Dukungan yang Dibutuhkan

1. Alat kebersihan didapatkan melalui koordinasi dengan pihak sekolah (bagian sarpras). Alat kebersihan juga ditambah dengan gotong royong siswa

2. Memajang karya-karya terbaik dari hasil praktek siswa dan Uji kompetensi siswa di Rak Etalase.

3. Alat dan bahan praktek: Komputer,Printer,Design grafis,Kertas Poster-Poster untuk memperindah ruangan

Dukungan dari:

• Kepala Sekolah melalui komunikasi secara langsung.

• Rekan sejawat dalam komunitas praktisi melalui komunikasi intensif keterlibatan dalan proses pengaturan kelas.

Warga sekolah lainnya dengan cara komunikasi jika ada hal-hal penting lain yang dibutuhkan.

• Orang tua murid melalui komunikasi intensif untuk mendukung putra-putrinya mewujudkan suasana kelas impian.

• Murid selaku subjek pendidikan dengan cara menginformasikan pelaksanan kegiatan

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar